Sabtu, 28 Maret 2015

Tulisan 4 Inovasi Teknologi Jasa Pengiriman Logistik



TULISAN 4 ( Teori Organisasi Umum 2 ) Inovasi Teknologi Pada Perusahaan Jasa Pengiriman Logistik.

Kalau pada jaman dahulu jasa pengiriman hanya melalui PT. Pos yang biasa disebut sebagai paket pos, saat ini sudah marak aneka jasa paket. Mulai dari jasa paket yang dikelola secara langsung oleh jasa paket spesifik seperti PT. Pos, TIKI, ataupun jasa-jasa khusus sejenis lainnya sampai dengan jasa travel atau biro perjalanan yang selanjutnya juga mengembangkan system pengiriman barang. Saat ini barang dapat dititipkan atau dilewatkan melalui aneka jenis biro perjalanan. Antara lain, biro perjalanan kereta api, pesawat, bus dan bahkan juga travel pribadi seperti mobil rental. Mereka semua saat ini menawarkan ke konsumen untuk dapat menjalankan pengiriman barang dengan cara cepat dan mudah.

Di era tekhnologi informasi ini, segala bentuk transaksi sudah dapat dilakukan secara online atau melalui dunia maya. Bahkan toko-toko online sudah merebak di mana-mana. Namun, jika kartu lebaran sudah tidak perlu lagi melalui jasa pengiriman karena bisa satu kali klik sudah sampai ke alamat email tujuan, berbeda dengan pengiriman barang tetaplah membutuhkan jasa pengiriman. Tentu saja dibutuhkan jasa yang dapat menyampaikan barang dari produsen ke tempat pembeli. Untuk itu perlu diketahui macam-macam jasa pengiriman barang ataupun uang yang dapat dipergunakan.

Meskipun sudah sangat marak jasa pengiriman barang, namun sebagai konsumen sangat perlu untuk memilih jasa paket yang berkualitas dan dapat dipercaya. Sebagai pengirim tentu tidak menginginkan barang sampai ke tujuan dalam kondisi kurang prima, karena hal tersebut merupakan kepercayaan pelanggan terutama bagi para pelaku bisnis online.
Salah satu perusahaan jasa pengiriman logistik yang ada di indonesia :
JNE merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman dan logistik yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Nama resminya adalah Tiki Jalur Nugraha Ekakurir dan menjadi salah satu perusahaan kurir terbesar di Indonesia. Perusahaan jasa pengiriman yang telah meraih ISO 9001 sejak tahun 2004 ini telah memiliki sekitar 835 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan kantor pusat yang bertempat di Jakarta, JNE menyediakan pelayanan di bidang kepabeanan, impor kiriman barang, dokumen dalam, dari dan ke luar Indonesia. PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir didirikan pada tanggal 26 November 1990 oleh Soeprapto Suparno. Perusahaan ini dirintis sebagai sebuah divisi dari PT Citra van Titipan Kilat (TiKi) yang bergerak dalam bidang jasa kurir internasional. Dengan delapan orang dan kapital 100 juta rupiah JNE memulai kegiatan usahanya yang terpusat pada penanganan kegiatan kepabeanan, impor kiriman barang, dokumen serta pengantaranya dari luar negeri ke Indonesia. Pada tahun 1991, JNE memperluas jaringan internasional dengan bergabung sebagai anggota asosiasi perusahaan-perusahaan kurir beberapa negara Asia (ACCA) yang bermakas di Hong Kong yang kemudian memberi kesempatan kepada JNE untuk mengembangkan wilayah antaran sampai ke seluruh dunia. Karena persaingannya di pasar domestik, JNE juga memusatkan memperluas jaringan domestik. Dengan jaringan domestiknya TiKi dan namanya, JNE mendapat keuntungan persaingan dalam pasar domestik. JNE juga memperluas pelayanannya dengan logistik dan distribusi. TIKI sebagai salah satu pionir jasa kirim di Indonesia telah terpecaya melayani melakukan pengiriman ke seluruh wilayah di Indonesia. PT. Citra Van Titipan Kilat yang mengawali bisnis pengiriman di Jakarta sejak tahun 70-an ini kini memiliki 500 kantor perwakilan TIKI yang tersebar di pelosok nusantara.
Berikut ini adalah macam-macam pelayanan pengiriman yang dilakukan oleh Tiki JNE online
Jasa pengiriman dalam negeri

a. YES service

Yes service ini merupakan paket kilat yang bisa sampai tidak lebih dari 12 jam. Bahkan pihak Tiki JNE berani memberikan jaminan uang kembali jika pada waktu yang ditentukan paket anda belum juga datang. Service ini bisa memberikan pelayanan kepada konsumen hingga sampai 100 kota yang ada di Indonesia.
b. Regular service
Reguler service ini adalah layanan express regular untuk tujuan pengiriman domestic. Layanan ini banyak diigunakan untuk pengiriman oleh para pemilik toko online. Jasa pengiriman Tiki JNE untuk bisnis online ini mampu mengirim barang hingga waktu yang ditentukan dan dengan harga yang sesuai pastinya.
c. Cargo service
Cargo service ini juga merupakan jasa pengiriman barang Tiki JNE online yang memiliki lebih dari 50 kantor cabang yang tersebar di Indonesia. Sistem pelayanan ini bisa mengantarkan barang anda dengan cepat dan tepat yang didukung oleh tim profesional.
Jasa pengiriman mancanegara
Sebagai jasa pengiriman barang yang sudah profesional dan telah teruji keunggulannya, Tiki JNE memberikan pelayanannya hingga ke seluruh dunia.
Dengan jangka waktu pengiriman yang dan kecepatan yang telah teruji, JNE pantas dipercaya sebagai perusahaan pengirim barang. Melalui monitoring yang dilakukan dengan menggunakan situs JNE oleh tim manajemen JNE yang rofesional, maka tim bisa melakukan pengecekan terhadap status barang yang dikirm.
Pendapat : Banyak jasa pengiriman barang yang sudah ada di Indonesia,semuanya beragam masing-masing perusahaan jasa juga mempunya kelebihan dan kekurangannya sendiri sendiri.Saya sendiri  sudah beberapa kali mengirim barang melalui jasa pengiriman jasa JNE menurut saya pelayanan sangat bagus,tepat waktu dan yang sangat membantu karena adanya inovasi Jaminan Keamanan Barang baik dari rusak ataupun hilang. Paket yang dikirim JNE selalu dalam keadaan aman dan jarang ada lecet di pembungkusnya, apalagi rusak di bagian dalamnya. Bahkan untuk semakin meyakinkan Anda dalam hal keamanan pengiriman, JNE menawarkan asuransi dengan biaya murah, yaitu : 0,2 % x nilai barang + Rp. 5.000 (biaya administrasi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar